ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR KANREAPIA

Posted: March 1, 2011 in Materi Kuliah

METODE PELAKSANAAN PRAKTIKUM KANREAPIA
A. A. Lokasi praktikum
Pelaksanaan praktikum mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar dilaksanakan di Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa.

B. Alasan memilih lokasi
Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa dipilih menjadi lokasi praktek lapangan, karena lokasi tersebut memiliki komponen-komponen social budaya yang dapat memberikan data-data yang dibutuhkan berkaitan dengan mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar baik dari segi kehidupan soaial maupun dari segi budaya.

C. Waktu dan pelaksanaan praktikum
Pelaksanaan praktek lapang ini dilaksanakan selama 3 hari di Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa pada
Hari/tanggal : Jumat-minggu/24 – 26 Desember 2010
Waktu : 3 hari ( 72 jam )

D. Alat dan bahan
Berdasarkan data yang diperlukan, maka alat dan bahan yang diperlukan adalah:
a. Daftar isian.
b. Daftar pertanyaan (kuesioner).
c. Data cek (check list).
d. Daftar tabulasi.
e. Kamera
f. Alat tulis menulis ( ATM ).

E. Teknik pelaksanaan praktikum
Dalam pelaksanaan penelitian ini, kami mengelompokkan penelitian ini menjadi dua jenis penelitian, yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif yang digunakan yakni dengan melakukan wawancara terhadap warga desa Kanreapia secara acak. Sedangkan metode kuantitatif digunakan dengan menganalisis data-data kependudukan yang kami peroleh dari wawancara.
F. Teknik pengambilan data
1. Wawancara
Dalam melaksanakan kegiatan wawancara kami berkunjung ke rumah-rumah penduduk dan melakukan dialog dengan pemilik rumah. Ketika melakukan wawancara ada beberapa hal yang sempat kami tenyakan, baik itu langsung kepada kepala rumah tangga maupun istri dari kepala rumah tangga.
Kegiatan wawancara ini pada dasarnya mencari informasi secara langsung tentang keadaan sosial, ekonomi, dan budaya anggota keluarga dalam suatu rumah tangga. Dalam kegiatan wawancara setiap kelompok bertugas mengunjungi dua puluh kepala keluarga.
2. Observasi
Dalam kegiatan ini dilakukan kegiatan survei secara langsung mengenai keadaan lingkungan desa kanreapia, baik itu menyangkut kondisi lahan yang dalam hal ini adalah vegetasi dan pola pengolahan lahan.. Dalam kegiatan observasi ini kami mengelilingi desa kanreapia dan pada lokasi tertentu kami juga melakukan wawancara dengan warga setempat mengenai keadaan lingkungan desa kanreapia.

HASIL DAN PEMBAHASAN

A. Hasil
Tabel 1. Kelompok umur responden
UMUR JUMLAH PERSENTASE
Kurang dari 35 tahun 12 60%
Antara 35 – 45 tahun 5 25%
Lebih dari 45 tahun 3 15%
Jumlah 20 100%
Sumber : hasil olah data kuesioner praktek lapang mata kuliah ISBD di desa kanreapia tanggal 24-26 Desember 2010

Tabel 2. Pekerjaan responden
Pekerjaan Jumlah Persentase
Tukang (kayu,batu dll) – –
PNS – –
ABRI – –
Pegawai Swasta – –
Pedagang 2 10%
Petani 26 80%
Dll 2 10%
Jumlah 20 100%
Sumber : hasil olah data kuesioner praktek lapang mata kuliah ISBD di desa kanreapia tanggal 24-26 Desember 2010

Tabel 3. Tingkat pendidikan
Tingkat pendidikan Jumlah Persentase
Tidak tamat SD 3 15 %
Tamat SD 13 65%
Tidak tamat SMP/ sederajat – –
Tamat SMP/sederajat 3 15
Tingkat pendidikan Jumlah Persentase
Tamat SMA/sederajat 1 5%
Tingkat pendidikan Jumlah Persentase
Sarjana muda – –
Sarjana – –
Jumlah 20 100%
Sumber : hasil olah data kuesioner praktek lapang mata kuliah ISBD di desa kanreapia tanggal 24-26 Desember 2010

Tabel 4. Tingkat pendapatan responden
Tingkat pendapatan/bulan Jumlah Persentase
Kurang dari Rp. 1.000.000 12 60%
Antara Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 5 25%
Lebih dari Rp. 2.000.000 3 15%
Jumlah 20 100%
Sumber : hasil olah data kuesioner praktek lapang mata kuliah ISBD di desa kanreapia tanggal 24-26 Desember 2010

Tabel 5 : Jumlah anggota/anak yang dimiliki
Jumlah anggota/anak yg dibiayai Jumlah Persentase
Kurang 2 orang 12 60%
Antara 3 – 4 orang 7 35%
Lebih dari 5 orang 1 5%
Jumlah 20 100%
Sumber : hasil olah data kuesioner praktek lapang mata kuliah ISBD di desa kanreapia tanggal 24-26 Desember 2010
Tabel 6. Kegiatan sosial yang sering dilakukan
Kegiatan sosial Jumlah Persentase
Rapat-rapat kampung/desa – –
Pesta-pesta kawin/sunatan 5 25%
Arisan – –
dll 15 75%
Jumlah 20 100%
Sumber : hasil olah data kuesioner praktek lapang mata kuliah ISBD di desa kanreapia tanggal 24-26 Desember 2010
Tabel 7 : Kegiatan budaya yang dilakukan
Kegiatan budaya Jumlah Persentase
Pesta adat 5 25%
Arisan 15 75%
Jumlah 20 100%
Sumber : hasil olah data kuesioner praktek lapang mata kuliah ISBD di desa kanreapia tanggal 24-26 Desember 2010

B. Pembahasan
Berdasarkan tabulasi berdasarkan kelompok umur bahwa responden yang berumur kurang dari 35 tahun yaitu berjumlah 12 orang, antara 35 – 45 tahun sebanyak 5 orang dan lebih dari 45 tahun 3 orang. Jadi berdasarkan tabel diatas maka kebanyakan responden yang ada pada saat wawancara berlangsung yaitu responden yang berumur < 35 tahun dan antara 35 – 45 tahun, hal ini terjadi karena orang yang berumur diatas dari 45 tahun kebanyakan sedang bekerja di ladang atau kebun masing-masing.
Berdasarkan tabulasi berdasarkan kelompok pekerjaan bahwa jumlah responden berprofesi sebagai petani ada 26 orang dan pedagang ada 2 orang,ini menandakan bahwa hampir semua masyakat desa kanreapia, hal ini sesuai dengan kondisi wilayah yang memang cocok untuk daerah pertanian khususnya tanaman jangka pendek seperti sayur-mayur, rempah-rempah, dan buah salah satu tanaman khas yang ada di daerah ini yakni kebun teh dimana tanaman ini merupakan tanaman yang hanya ada di desa ini di Sulawesi-Selatan, dan mruapakan tanaman peninggalan Jepang.
Sedangkan tabulasi berdasarkan tingkat pendidikan bahwa 65 % masyarakat hanya tamat SD ini menandakan bahwa hampir semua masyarakat kanreapia hanya tamat SD, hal ini mungkin disebabkan oleh pola pikir orang tua atau masyarakat yang cenderung mengatakan bahwa bekerja lebih baik dari pada sekolah karena hanya menghabiskan biaya. Kemudian faktor kemungkinan kedua yakni kondisi ekonomi masyarakat yang kurang mampu untuk menyekolahkan anak mereka dengan bermodalkan sebagai petani, kemudian factor ketiga ialah factor aksebilitas atau sarana pendidikan yang masih kurang atau jauh dari desa mereka.
Berdasarkan tabel jumlah pendapatan perbulannya bahwa pendapatan antara Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 ada 5 responden dari 20 responden yang berhasil diambil datanya, ini membuktikan bahwa dari rata-rata pendapatan tersebut bisa kita membuktikan bahwa pendapatan perbulan tersebut berasal dari hasil bertani, karena jika kita liat jenis pertaniannya sebanding dengan jumlah pendapatan yang diperoleh.
Tabulasi berdasarkan jumlah anggota/anak yang dimiliki bahwa jumlah anggota yang kurang dari 2 anak ada 12 responden dan antara 3 – 4 anak dan lebih dari 7 anak ada 7 responden, ini membuktikan bahwa program KB di desa ini belum diperhatikan secara serius oleh masyarakat setempat karena rata-rata jumlah anak dalam 1 kepala rumah tangga adalah 5 anak. Untuk itu pemerintah desa setempat harus melakukan peyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya program KB untuk menghndari meledaknya angka kelahiran.
Berdasarkan tabulasi menurut jenis kegiatan sosial dan budaya bahwa kegiatan sosial yang sering dilakukan masyarakat adalah kegiatan syukuran setelah panen dan memasuki rumah.
Batas-batas Wilayah
Sebelah Utara : Kotamadya Makassar dan Kabupaten Maros
Sebelah Selatan : Kabupaten Takalar dan kabupaten Jeneponto
Sebelah Timur : Kabupaten Sinjai, Bulukumba dan Bantaeng.
Sebelah Barat : Kota Makassar dan Kabupaten Takalar

Gambar 3.2. Peta Lokasi Praktek Lapangan
Secara geografi Kabupaten Gowa terletak pada koordinat antara 5o 33’ 6” sampai 5o 34’ 7” Lintang Selatan dan 12o 38’ 6” sampai 12o 33’ 6” Bujur Timur. Kabupaten Gowa terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi. Ibukotanya Sungguminasa dengan jarak sekitar 6 km dari ibukota Makassar. Dengan luas wilayah 1.883,33 km atau sama dengan 3,01% dari luas wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.
Wilayah Kabupaten Gowa terbagi dalam 18 Kecamatan dengan jumlah Desa/Kelurahan definitif sebanyak 167 dan 726 Dusun/Lingkungan. Wilayah Kabupaten Gowa sebagian besar berupa dataran tinggi berbukit-bukit, yaitu sekitar 72,26% yang meliputi 9 kecamatan yakni Kecamatan Parangloe, Manuju, Tinggimoncong, Tombolo Pao, Parigi, Bungaya, Bontolempangan, Tompobulu dan Biringbulu. Selebihnya 27,74% berupa dataran rendah dengan topografi tanah yang datar meliputi 9 Kecamatan yakni Kecamatan Somba Opu, Bontomarannu, Pattallassang, Pallangga, Barombong, Bajeng, Bajeng Barat, Bontonompo dan Bontonompo Selatan.
Jumlah penduduk Kabupaten Gowa sampai dengan tahun 2005 mecapai 575 295 jiwa yang terdiri atas 283.291 jiwa laki-laki dan 291.882 jiwa perempuan.

PENUTUP

A. Kesimpulan
Setelah Melakukan Praktek lapang ini, kami dapat Menyimpulkan sebagai berikut
1. Secara umum kehidupan sosial masyarakat desa kanreapia kecamatan tombolopao kabupaten gowa hidup rukun dan penuh kekeluargaan.
2. Masyarakat desa kanreapia kecamatan tombolopao kabupaten gowa menaruh perhatian yang tinggi terhadap pendidikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya serta senantiasa melestarikannya.
3. Tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial serta kebudayaannya. Masyarakat yang memiliki jenjang pendidikan yang lebih tinggi kurang menaruh perhatian terhadap lingkungan sosial dan kebudayaan yang ada karena kesibukan kehidupan sehari-harinya, sedangkan masyarakat dengan jenjang pendidikan yang lebih rendah menganggap bahwa kebudayaan merupakan hal yang sangat penting dan senantiasa menjalankan kebudayaan- kebudayaan tersebut dalam kehidupan bermasyarakat.
B. Saran
1. Diharapkan agar pada praktikum selanjutnya para pendamping membimbing peserta praktikum lapang dalam melakukan pengolahan data hasil wawancara.
2. Sebaiknya setelah praktikum lapang, dilakukan evaluasi hasil praktikum agar praktikan memperoleh pengetahuan dan interpretasi yang sama terhadap hasil temuan di lapangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s