PERGERAKAN ANGIN DI DUNIA

Posted: April 10, 2011 in Materi Kuliah

Sirkulasi Angin

Lapisan besar udara yang disebut atmosfer mengelilingi bumi. Udara di dalam lapisan ini bergerak dari satu tempat ke tempat ketika menghangat atau dingin. Ini udara bergerak dikenal sebagai angin. Angin bergerak kelembaban dan panas di seluruh dunia dan juga menghasilkan banyak cuaca kita.

Kekuatan …
Seperti kita ketahui, kekuatan angin bisa sangat berbeda-beda. Kadang-kadang udara bergerak perlahan dan angin yang hampir tak terlihat. Bila cuaca jelas kita mungkin mengalami angin lembut, saat angin masih sangat ringan tapi kita bisa merasakannya di wajah kita dan rambut kita, dan kita dapat mendengar gemerisik daun. Di lain waktu, udara dapat bergerak sangat cepat dan menjadi badai atau badai, meniup pohon-pohon dan merusak mobil dan bangunan.

pola angin di dunia

Semua angin ini merupakan bagian dari sistem sirkulasi udara global yang bertindak untuk menyeimbangkan suhu dan tekanan di seluruh dunia. Kita sudah tahu bahwa berbagai belahan dunia menerima jumlah yang berbeda panas dari matahari (lihat halaman sinar matahari untuk informasi lebih lanjut). Pemanasan diferensial ini pada gilirannya menghasilkan perbedaan suhu dan tekanan udara di seluruh dunia – yang drive angin dunia.

Sebagai daerah khatulistiwa yang paling dipanaskan, udara di atas mereka menghangatkan dan meningkat karena menjadi lebih ringan daripada udara di sekitarnya, menyebabkan daerah tekanan rendah. Di daerah dingin, udara tenggelam karena lebih berat dan hasil dalam daerah tekanan tinggi. Angin akan meniup sebagai udara keluar terjepit oleh udara dingin tenggelam dan ditarik di bawah udara hangat naik. Setiap perbedaan suhu seperti ini selalu akan menyebabkan perbedaan tekanan udara – dan karena angin akan meledak. Sebuah ekspresi yang baik untuk diingat adalah bahwa:

“Angin bertiup dari tinggi ke rendah” (yaitu: dari tekanan tinggi ke tekanan rendah).

Jadi jika Anda tahu suhu dan tekanan di daerah yang berbeda, Anda akan selalu dapat memprediksi arah angin.

Gerakan-gerakan ini mengakibatkan pola angin global, dengan udara yang bergerak di antara daerah yang berbeda di seluruh dunia dan juga di ketinggian yang berbeda di atmosfer. Dingin udara dari kutub cenderung tenggelam dan bergerak ke arah khatulistiwa lebih dekat ke permukaan bumi. Sebaliknya, udara hangat dari naik khatulistiwa dan bergerak ke arah kutub yang tinggi di atmosfer karena lebih ringan.

Hal ini menciptakan pola sel-seperti angin di seluruh dunia,. Namun, tidak sekadar angin pukulan dalam garis lurus dari utara ke selatan.Sebaliknya, mereka yang tertekuk oleh pemintalan Bumi:

di sebelah utara khatulistiwa kanan, dan
ke kiri di selatan.
Ini disebut Efek Coriolis dan membungkuk setiap angin di Bumi, menghasilkan pola yang berbeda dari angin di seluruh dunia. Di-lintang pertengahan (30-60 º utara dan selatan khatulistiwa) sebagian besar angin baratan, bertiup dari barat. Di tempat lain mereka pukulan terutama dari timur, misalnya angin bertiup stabil terhadap khatulistiwa dari subtropis. Ini dikenal sebagai angin perdagangan karena mereka digunakan oleh kapal berlayar membawa barang-barang perdagangan di seluruh dunia. Mereka meniup konsisten dari utara NE dari khatulistiwa (utara timuran) dan dari selatan SE dari khatulistiwa (timuran selatan).

Ingatlah untuk melihat pada halaman Kegiatan, di mana ada eksperimen khusus untuk menunjukkan Efek Coriolis. Untuk menemukannya, gulir ke bawah ke bagian Angin dan klik pada link eksperimen efek Coriolis.

Patah hati …
Berlayar kapal juga telah mengidentifikasi daerah-daerah lain di dunia dengan pola yang unik angin – misalnya lesu. Lesu merupakan daerah tekanan rendah yang terjadi di mana angin perdagangan temui sepanjang khatulistiwa. Angin di sini biasanya tenang atau sangat ringan dan sehingga kapal akan menghindari daerah tersebut karena mereka hanya akan didorong bersama sangat lambat.

Kuakan 40-an …
Satu set angin terkenal dikenal sebagai Roaring empat puluhan. Ini adalah angin barat yang sangat kuat meledak hampir terus menerus di belahan bumi selatan.Angin ini galak ditemukan pada lintang 40 º – maka nama mereka!

Bernama angin …
Bernama angin

angin bernama lain juga dapat ditemukan pada skala yang lebih kecil. Angin ini lokal juga dapat memiliki pengaruh yang cukup penting pada cuaca di berbagai belahan dunia, misalnya Chinook di Amerika Utara. Beberapa contoh lain diberikan di bawah ini:

The Mistral di Perancis – angin, dingin utara-barat yang berhembus ke lembah Rhone.
The harmattan di Afrika Barat, yang berhembus dari selatan Sahara dan membawa badai debu dan udara sangat kering.
The Levante angin di Mediterania – angin timur membawa ringan, udara lembab untuk Gibraltar dan daratan Spanyol dan Afrika.
The Pampero di Argentina – yang sangat dingin angin barat selatan dibentuk, seperti angin dingin banyak, di tengah-tengah benua – dalam hal ini Amerika Selatan. Ini pukulan di padang rumput Pampas di Argentina.

Angin dingin …
Angin dingin

Suhu merupakan faktor utama yang mempengaruhi bagaimana hangat atau dingin Anda. Namun, angin juga dapat memainkan peranan penting, membuat Anda merasa lebih dingin daripada yang seharusnya. Hal ini karena angin menyebabkan tubuh Anda untuk menurunkan panas lebih cepat. Semakin tinggi kecepatan angin, semakin banyak panas yang hilang dari tubuh Anda dan karena itu Anda merasa lebih dingin. Suhu tubuh Anda terasa sebagai akibat dari angin disebut suhu dingin angin.

Gunakan tabel di bawah ini untuk melihat berapa banyak angin dingin bisa membuat Anda merasa. Pengukuran ini terutama penting bagi pendaki gunung dan penjelajah di daerah dingin, dimana angin dingin dapat mempengaruhi kesehatan dan kelangsungan hidup.

Kecepatan angin (kph)

70 -7 -14 -20 -27 -33 -40 -46 -52 -59 -65 -72 -78
60 -7 -13 -19 -26 -32 -39 -45 -51 -58 -64 -70 -77
50 -6 -12 -18 -25 -31 -37 -43 -49 -56 -62 -68 -74
40 -5 -11 -17 -23 -29 -35 -41 -47 -53 -59 -65 -71
30 -3 -8 -14 -20 -25 -31 -37 -43 -48 -54 -60 -65
20 0 -5 -10 -15 -21 -26 -31 -36 -42 -47 -52 -57
10 5 0 -4 -8 -13 -17 -22 -26 -31 -35 -40 -44
8 4 0 -4 -8 -12 -16 -20 -24 -28 -32 -36
Suhu udara (° C)

Dalam cara yang sama, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa mencuci mengering lebih cepat pada hari berangin. Hal ini karena angin bertiup menghilangkan uap air yang diuapkan dari permukaan pakaian yang basah.

Angin fakta …
Angin fakta

- Angin legenda – Yunani Kuno digunakan untuk berpikir angin yang Bumi bernapas masuk dan keluar. Kita sekarang tahu bahwa itu hanya udara bergerak.

- Tenaga angin – kincir angin biasanya wajah ke dalam angin yang berlaku – yaitu: arah angin bertiup di paling sering.

- Angin kekuatan – tempat di dunia berangin adalah Antartika, dimana angin bertiup di lebih dari 100 km / jam selama lima bulan dalam setahun.

Mengukur Angin

Kita semua tahu bahwa kekuatan angin bisa sangat berbeda-beda, tetapi apakah Anda tahu bagaimana kita mengukur perubahan-perubahan ini? Untuk mengetahuinya, mari kita beralih ke bagian pengukuran angin.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s